Harga Domba Texel Fullblood Terbaru dan Super Update Tahun Ini - Sukabumi

Berapa harga domba Texel dari semua ras tahun ini? Dinamakan sesuai asal-usulnya, Pulau Texel terletak di Provinsi Noord Holland Belanda. Daging domba Texel terkenal unggul di seluruh dunia, karena sangat ramping.

 

Secara genetik domba Texel sendiri memiliki otot yang sangat kuat, tubuh yang besar dan berat, serta memiliki bulu berwarna putih keabu-abuan. Domba ini ditemukan hampir di seluruh dunia. Indonesia memiliki banyak pembudidaya.

 

Sekilas, wol tersebut terlihat mirip dengan Merino. Wol adalah perbedaan utama antara domba Texel dan Merino. Domba Texel memang memiliki wol di tubuhnya. Namun, hanya ditemukan di punggung, tidak termasuk kaki dan wajah.

 

Domba ini berbeda dengan Merino karena memiliki bulu yang tebal dan panjang menutupi seluruh anggota tubuhnya. Bahkan rambut di wajah dan kaki tumbuh, yang menjadikan Merino produsen kain wol paling produktif di dunia.

 

Berapa harga Texel super, fullblood atau cross sheep saat ini? Sebelum membahas harga, mari kita pelajari dulu sejarah dibalik Texel sebagai daging domba yang populer di Indonesia.

 

Sejarah Populasi Domba Texel dan Harganya di Indonesia

 

Penyebaran domba Texel pada abad ke-18 telah menjangkau lebih dari 35 negara di dunia, termasuk di benua Eropa, Amerika dan Oseania. Populasi domba texel semakin meningkat dari waktu ke waktu di negara tujuan tersebut. Ini karena Texel memiliki daya tahan dan kemampuan beradaptasi yang sangat baik.

 

Texel juga diperkenalkan ke Indonesia oleh Belanda pada tahun 1970-an. Perkembangan awalnya berpusat di Jawa Barat, kemudian menyebar ke hampir seluruh Pulau Jawa.

 

Potensi domba Texel sangat baik, selain dagingnya yang minim lemak, wolnya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan tekstil. Meski begitu, produksi wol Texel tidak sebanding dengan domba Merino yang dapat memberikan dampak signifikan bagi perekonomian suatu negara.

 

Sampai saat ini, peternakan domba Texel berpusat di Afrika, Belanda dan Australia. Texel Indonesia merupakan mayoritas dari grup ini. Harga domba texel ditentukan oleh kualitas dan breed atau keturunannya.

 

Texel Cross betina super mulai umur 6-7 bulan harganya 1,75 juta. Laki-laki yang sama, dari umur dan jenisnya, harganya sekitar 2 juta.

 

Jangan tertipu, Texel masih merupakan investasi yang bagus. Harga pria dewasa dengan golongan darah lengkap bisa mencapai 60.000.000.

 

Double Diamond, domba fullblood Texel besar, dijual di lelang di Skotlandia pada tahun 2021 seharga 90.000. Itu sekitar 7,2 miliar rupiah! Dia adalah fullblood Texel besar yang dijual di lelang di Skotlandia pada tahun 2021 seharga 90.000 atau sekitar 7,2 miliar rupiah!

 

Ciri-Ciri dan Ciri-Ciri Domba Texel di Indonesia

 

Domba texel cukup terjangkau (untuk supercross) di Indonesia. Karena itu mereka sangat populer di kalangan peternak. Sedangkan untuk domba fullblood Texel memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas sekaligus kualitas peternakan yang jauh lebih baik.

 

Untuk lebih memahami domba-domba ini, penting untuk terlebih dahulu mempelajari karakteristiknya. Berikut beberapa ciri umumnya.

 

Karakteristik Domba Texel di Indonesia

 

Domba texel memiliki bentuk fisik yang khas. Domba texel lebih besar dari domba penghasil wol. Domba texel memiliki beberapa ciri lain yang melekat pada tubuhnya.

 

1. Badan berotot besar/besar

Kerangkanya yang besar dan berotot adalah fitur yang paling jelas. Alasan ini juga yang menjadikan Texel sebagai salah satu domba terbaik di dunia. Kekuatan Texel tidak hanya pada dagingnya, tetapi juga dalam memproduksi wol. Texel memiliki tubuh yang berotot yang artinya dagingnya tidak terlalu menggemukkan.

 

2. Wajah domba Texel putih

Texel memiliki wajah putih. Tidak ada bulu panjang di wajah domba ini. Hanya rambut pendek yang menonjolkan bentuk kepala khas Texel.

 

3. Tidak Ada Rambut di Kepala dan Kaki

Selain di kepala, wol tidak tumbuh di keempat kaki Texel. Domba ini memiliki 'penampilan lebih keren' dibandingkan domba atau kambing lainnya. Rambut yang hanya ada di tubuh dan ekornya membuatnya tampak lebih besar.

 

Domba Texel dewasa dapat mencapai berat hingga 160 kg per ekor. Bobot yang sangat berat ini adalah fakta bahwa Texel juga merupakan raksasa daging di antara domba. Sementara di antara kambing raksasa daging ada jenis kambing Boer.

 

4. Telinga pendek ke atas

Ciri fisik selanjutnya dari domba ini terletak pada bentuk telinganya. Kuping Texel sama saja, mau domba itu mahal atau murah, yaitu pendek dan tinggi. Telinganya tampak menghadap ke depan

 

n (dengan posisi yang hampir mendatar).

 

5. Hidung dan Kuku Domba Texel Berwarna Hitam

Jika Anda memiliki kesempatan untuk melihat lebih banyak secara fisik, perhatikan hidung dan kuku domba Texel. Kuku kaki dan hidungnya berwarna gelap.

 

Ciri dan Ciri-Ciri Domba Texel di Indonesia

 

Dari karakter domba yang jinak, kita mendapatkan burung merpati. Tidak galak seperti adu kambing. Domba Texel bahkan lebih jinak, karena mereka ramah dan mudah bergaul dengan manusia. Adapun male Texel domba, mereka sedikit lebih agresif daripada betina. Berikut adalah gambaran tentang kepribadian Texel.

 

1. Walaupun badannya besar, tetap mudah bergerak

Ini adalah hewan yang lebih besar karena tubuhnya yang besar dan bulu yang menutupinya. Domba Texel ternyata masih mudah bergerak. Pasalnya, struktur genetik domba Texel memang seperti itu, sehingga masih mampu menghasilkan daging berkualitas dunia di setiap bagian tubuhnya.

 

2. Mudah diperbanyak atau diperbanyak

Peternak bersukacita! Domba Texel tidak ada pada domba Texel, yang meningkatkan produktivitas peternakan. Anda dapat membeli domba betina hamil dengan harga domba Texel yang murah di gibasbarokah.com.

 

3. Pertumbuhan Sangat Cepat Melebihi Domba Broiler Lokal

Texel tumbuh sangat cepat, seperti semua domba potong. Dimana persediaan pakan harus mencukupi kebutuhan pakan sehari-hari. Berdasarkan penelitian, kenaikan berat badan texel fullblood dewasa per hari berkisar antara 300 gram hingga 600 gram.

 

4. Mudah beradaptasi, daya tahan tubuh kuat, dan mudah perawatannya

Apalagi perawatan domba Texel sangat mudah. Domba ini mampu beradaptasi dengan kondisi ekstrim karena pernah tinggal di Pulau Texel. Dari kemampuan beradaptasi dan kemampuan tubuh untuk mengobati dirinya sendiri, kita bisa mulai dengan daya tahannya yang kuat terhadap penyakit.

 

5. Bisa Bersahabat Jadi Bisa Menjadi Hewan Peliharaan

Jika Anda suka bermain dengan kambing atau domba, Texel mungkin cocok untuk Anda. Kambing Pygmy berukuran kecil dan lucu, karena digunakan sebagai hiasan. Texel adalah kambing berukuran raksasa yang lucu dan menggemaskan.

 

Hubungi kami untuk mendapatkan harga Texel dan jenis domba lainnya, fullblood atau campuran, di Gibas Barokah (GB Farm Ngawi). Anda dapat menemukan informasi kontak dan informasi di website gibasbarokah.com atau media sosial kami dengan nama yang sama.

 

Cara beternak Domba Texel di Indonesia

 

Untuk beternak domba broiler seperti Texel, tujuan utamanya adalah agar cepat gemuk dan besar. Apakah hanya terletak pada pola dan jenis pakan domba? Padahal, meski tidak hanya ditentukan dari pola dan jenis pakan, faktor-faktor tersebutlah yang paling penting.

 

Anda juga dapat memelihara domba Anda dengan berbagai cara, termasuk membersihkan, merawat kandang, menilai kondisi fisiknya, dll. Silakan lihat informasi berikut untuk lebih jelasnya.

 

1. Perhatian pada kandang: Pastikan kandang ideal untuk penggemukan.

Kandang domba broiler, memiliki beberapa tipe berdasarkan umurnya. Ada kandang komunal untuk beberapa domba sekaligus, ada kandang individu untuk pemeliharaan. Intinya, memperhatikan kandang adalah tujuannya agar domba tidak stres.

 

Ternyata stres bisa berakibat fatal bagi pertumbuhan domba. Kandangnya mungkin terlalu kecil, tidak nyaman, atau penuh sesak dengan orang.

 

2. Pakan domba dengan pola dan komposisi yang seimbang

 

Penting untuk mendapatkan pola dan komposisi yang tepat untuk pakan Anda. Semakin besar Texel, semakin besar kebutuhan nutrisinya. Nutrisi ini dapat dibagi menjadi energi dan protein.

 

Ada dua jenis pakan utama: pakan hijau (pakan konsentrat) dan ampas tahu. Pakan konsentrat antara lain bekatul (bekatul adalah campuran jagung, singkong dan bekatul), ampas tahu atau ampas tahu, bungkil kelapa dan singkong. Pakan hijau berisi rumput gajah, daun pisang dan kaliandra.

 

Jumlah pakan pekat yang terbuat dari bahan-bahan di atas sangat sedikit, sekitar 1-3%. Pakan hijau (yang merupakan pakan utama) kira-kira 10-25% dari berat seekor domba.

 

Peternak bebas menambahkan pakan lain, asalkan telah diuji secara menyeluruh atau berdasarkan pengalaman sebelumnya. Pakan fermentasi sama dengan pakan buatan. Penting untuk memperhatikan komposisi dan pola pakan, mengingat mahalnya harga domba texel.

 

3. Perawatan tubuh fisik domba

Tidak seperti kambing, domba Texel memiliki bulu yang tebal dan berbulu di tubuhnya. Peternak juga harus memberikan perawatan fisik minimal dua kali seminggu. Memandikan domba agar tetap bersih, membersihkan bulu, dan memotong kuku setiap enam bulan adalah beberapa rekomendasi perawatan.

 

Dengan semua

 

Jika Anda merawat tubuh domba Anda, mereka akan merasa lebih nyaman. Mereka akan siap tumbuh menjadi raksasa daging.

 

4. Kontrol Kesehatan Domba Texel Secara Reguler

Para petani kemudian perlu memantau status kesehatan Texel. Tentunya, Anda tahu apa yang harus diperiksa pada domba. Contohnya termasuk anus, mata, hidung, mulut, kaki, kaki, anus dan perilaku.

 

Pastikan Anda memiliki mata, hidung, dan mulut yang bersih (tidak ada lendir yang aneh). Keempat kaki domba harus dapat menopang tubuh agar bebas bergerak, periksa juga bagian perut dan pastikan tidak sepihak. Anus dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit.

 

Peternak juga dapat melakukan kontrol kesehatan dari melihat perilaku dan tingkah laku domba, apakah wajar atau tidak. Isolasi domba jika mereka menunjukkan gejala yang tidak biasa. Anda dapat memindahkan domba yang sakit ke kandang isolasi khusus sebelum melakukan pemeriksaan lebih detail.

 

5. Berikan Suplemen dan Vitamin jika Dibutuhkan

Cara beternak domba texel selanjutnya berkaitan dengan pemberian suplemen atau vitamin khusus. Peternak memiliki sabu sendirimempertahankan pertumbuhan optimal pada domba. Baik menggunakan suplemen produsen atau suplemen sayuran yang difermentasi.

 

Domba yang sakit, membutuhkan pengobatan dan perawatan berkelanjutan. Kami dengan senang hati memberikan arahan jika Anda telah membeli domba dari GB Farm. Layanan ini adalah bukti bahwa GB Farm Ngawi peduli dengan setiap pembelian Anda.

 

Harga Domba Texel terlengkap termurah di Gibas Barokah Farm

 

Jika Anda ingin menawarkan jenis domba Texel, kami merekomendasikan 100% asli murni (dengan sertifikasi peternakan Australia/Afrika). GB Farm memiliki solusi untuk jenis persilangan yang dihasilkan dari persilangan domba super broiler.

 

GB Farm menawarkan berbagai layanan modern. Mulailah dengan jenis domba: Dorper, Awassi Garut, Merino Suffolk dan Texel. Juga jenis kambing seperti Boer, Anglo Nubians, Alps Saanen Pygmy Pygmy Pygmy dan kambing kurban. Juga, berbagai peralatan untuk mendukung peternakan dan produk olahannya.

 

Berikut adalah beberapa jenis dan harga domba Texel berdasarkan keadaan masing-masing.

 

1. Domba Texel

GB Farm menawarkan domba Texel mulai dari 1,5 juta saja. Harga tersebut merupakan yang termurah di pasar Indonesia. Ini adalah produk hebat bagi para peternak yang tertarik untuk beternak atau membudidayakan domba pedaging kelas dunia.

 

Ada dua usia yang berbeda, 6-7 dan 8-10. Domba Texel betina ini merupakan hasil persilangan antara domba pedaging super yang kualitas unggulnya terjamin. Anda dapat melihat informasi lebih lanjut tentang domba ini di sini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-betina.html).

 

2. Domba Texel Betina Hamil

Ada dua pilihan: Texel hamil dengan domba atau Texel hamil dengan domba Dorper fullblood. Texel hamil mulai dari 3.000.000. Mulai dari 5 juta untuk Dorper fullblood pertama yang mengandung domba.

 

Domba bunting Texel harus memenuhi kriteria sebagai berikut: bobot mencapai 50kg, 2x vaksinasi PMK, 1-3 indukan laktasi, dan 100% sehat. Jaminan hamil dengan cek usg, informasi lengkap tentang paket ini bisa langsung di cek disini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-bunting.html).

 

3. Domba Texel Persilangan

Domba jantan Texel adalah jenis yang langka. Hubungi gibasbarokah.com untuk memastikan ketersediaan stok. Harga domba texel persilangan dewasa antara 3 sampai 5 juta. Cek informasi dan ketersediaan Texel jantan peranakan disini (https://gibasbarokah.com/cross-texel-jantan.html).

 

4. 100% Domba Texel Fullblood Texel Asli

Produk Texel terbaik adalah 100% fullblood. Domba texel masih dibanderol sekitar 50 juta rupiah, baik jantan maupun betina. Tubuh domba itu sendiri mengandung semua keunggulan genetik Texel. Anda perlu memesan terlebih dahulu karena impor langsung berasal dari peternakan di Afrika.

 

Kami selalu senang untuk memberikan Anda konsultasi gratis dan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda. Demikian informasi lengkap mengenai ciri, ciri, sejarah, cara perawatan, dan harga domba texel di indonesia tahun ini.

 

#dombatexel #texel #domba #dombatexeljantan #dombatexelbetina #dombatexelbunting #dombabunting

Comments

Popular posts from this blog

Kualitas dan Keandalan Terbaik, Pagar Beton dan Uditch dari PT Unicon Precast Concrete Jawa Tengah

Harga Domba Awassi Super

Review Merk Baju Kaos Pria Terbaik